Selasa, 27 Agustus 2013

JUMBARA PMR 2013



PETUNJUK TEKNIS
JUMBARA PMR PMI KABUPATEN NGAWI
TAHUN 2013

1.      PESERTA 
a.       Peserta terdiri atas 20 orang yang terdaftar aktif di kelompok PMR dibuktikan dengan foto copy KTA
b.      Peserta Inti terdiri dari 10 orang yang melakukan kegiatan inti yaitu travelling
Sedangkan peserta penggembira terdiri dari 10 orang beraktifitas sebagai cadangan pada lomba seni dan gembira.

2.      PENDAFTARAN
     Pendaftaran Dimulai tanggal 22 Juli 2013 s/d 3 September 2013

3.      TECHNICAL MEETING
Technical Meeting Tanggal  4 September 2013 di aula PMI kabupaten Ngawi diwakili satu Pembina, pukul 14.00 WIB

4.      PERLOMBAAN
A.     Travelling 10 orang anggota PMR
1.      Lomba Peragaan PP
Diikuti oleh PMR  Mula, Madya dan Wira teori 4 orang dan praktek 6 orang pasien disiapkan peserta. Waktu 10 menit peragaan dan 5 menit Evaluasi
2.      Lomba Peragaan Perawatan Kedaruratan
Diikuti oleh PMR  Mula, Madya dan Wira teori 7 orang dan praktek 3 orang pasien ditentukan peserta. Waktu 10 menit peragaan  dan 5 menit Evaluasi
3.      Lomba Kampanye Ayo Siaga Bencana
Diikuti oleh PMR  Mula, Madya dan Wira.  2 orang test tulis 8 orang praktek. Dari 8 orang yang praktek 2 orang sebagai narator, 6 orang sebagai Audience (pendengar). Media dan Metode Kampanye disiapkan peserta lomba. Waktu 10 menit peragaan  dan 5 menit Evaluasi


4.      Lomba Kampanye Donor Darah Siswa
Diikuti oleh PMR  Mula, Madya dan Wira.  2 orang test tulis 8 orang praktek. Dari 8 orang yang praktek 2 orang sebagai narator, 6 orang sebagai Audience (pendengar). Media dan Metode Kampanye disiapkan peserta lomba. Waktu 10 menit peragaan  dan 5 menit Evaluasi

Khusus PMR Mula, kampanye dilakukan dengan membuat  Slogan tentang Doras dan menjelaskan maksud slogan yang dibuatnya.

5.      Lomba Kampanye Kesehatan Remaja

Diikuti oleh PMR  Mula, Madya dan Wira.  2 orang test tulis 8 orang praktek. Dari 8 orang yang praktek 2 orang sebagai narator, 6 orang sebagai Audience (pendengar). Media dan Metode Kampanye disiapkan peserta lomba. Waktu 10 menit peragaan  dan 5 menit Evaluasi

Khusus PMR Mula, materi kampanye hanya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

6.      Kepalang Merahan Test Tulis Soal Esay. Waktu 10 menit

B.  Lomba Umum
1.      Lomba Pembuatan Poster
Diikuti oleh PMR Mula, Madya dan Wira, dengan tema tentang promosi  kepalang merahan berkaitan dengan tugas dan fungsi Palang Merah.
Khusus PMR Mula tema poster dibatasi Promosi Kesehatan atau PHBS.
Bahan dan alat lukis disiapkan oleh peserta, sedangkan kertas disediakan oleh panitia. Waktu pelaksanaan lomba 120 menit
Peserta 2 orang

2.      Lomba Tari Daerah Ngawi
Tari yang ditampilkan dapat memilih salah satu tari daerah Ngawi, yaitu : Tari  Kecetan, Antiririt, Sentrok atau Orek-orek Ngawi (Lama/ Gagrak Anyar). Tarian diperagakan oleh 4 orang. Iringan (CD), pakaian dan property disiapkan oleh peserta.
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, merias penari hanya boleh dilakukan di lokasi perkemahan.


3.      Lomba Koor
Diikuti oleh PMR Mula, Madya dan Wira.  Lagu yang dilombakan adalah “Mars PMI”. Lagu dinyanyikan dua kali nyanyian.
Peserta terdiri atas 10 orang.

4.      Drama kemanusiaan
Diikuti 10 orang. Untuk  PMR Mula, Madya, Wira. Waktu 15 menit. Tema Drama mengambil salah satu dari Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

5.      Lomba Mading 3 Dimensi
Diikuti oleh PMR Madya dan Wira, waktu lomba 2 jam. Bahan Mading dapat dipersiapkan ½ (setengah) jadi untuk dilanjutkan di lokasi perlombaan. Perserta terdiri atas 2 orang. Waktu 2 jam

6.      Pembuatan Album persahabatan
Diikuti PMR Madya Wira Peserta 2 orang. Tema kemanusiaan. Waktu 2 Jam

7.      Tenda Favorit (Tenda Hunian).
Dipilih oleh  juri dan sponsor . Kriteria Umum.

8.      Panggung Gembira ( Pensi Favorit )
Setiap kontingen wajib mengeluarkan acara Pentas Seni. Kejuaraan  dipilih melalui polling

9.      Kontingen Favorit
Dipilih melalui polling



3.  Bhakti Sosial
1.    Bhakti sosial dilaksanakan sesuai rencana jadwal  untuk masyarakat dengan penanaman pohon produktif.
2.   Bhakti sosial di sekolah dengan memberikan bingkisan ke siswa
Setiap kontingen membawa  20  buku tulis dan 20  alat tulis.


5.      Lain-lain
1.    Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan dan penutupan.
2.    Sebelum upacara pembukaan peserta wajib mengikuti defile pasukan dan diharapkan untuk  menunjukan yel, lagu atau atraksi di hadapan tamu undangan.
3.    Menyiapkan buku anjangsana dan buku tamu
4.   Hal-hal lain yang belum diatur dalam juknis ini akan ditentukan kemudian dilokasi perkemahan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo Siap Bencana

Dalam upaya pembentukan karakter Kesiapsiagaan bencana sebagai goals dari Pengurangan Risiko Bencana (PRB) maka dimulai sejak dini d...